19 Juni 2024

Mengenal Museum Fatahilah 2024

Mengenal Museum Fatahilah 2024

Museum Sejarah Jakarta (juga dikenal sebagai Museum Fatahilah) bertempat di bekas Balai Kota yang terletak di bagian kota lama yang sekarang dikenal sebagai Jakarta Kota, beberapa ratus meter di belakang pelabuhan dan gudang Sunda Kelapa. Awalnya disebut Stadhuis, gedung ini adalah markas administratif Perusahaan Hindia Timur Belanda, dan kemudian Pemerintah Belanda. Dibangun pada tahun 1710 oleh Gubernur Jenderal van Riebeeck, bangunan kokoh ini menyembunyikan ruang bawah tanah terkenal dan penjara air kotor di bawahnya. Saat ini, museum ini menampilkan sejarah Jakarta dari zaman prasejarah hingga berdirinya kota Jayakarta. Koleksinya antara lain replika Prasasti Tugu yang berasal dari abad ke-5 pada masa pemerintahan Raja Purnawarman yang agung, bukti bahwa pusat kerajaan Tarumanegara terletak di sekitar pelabuhan Tanjung Priok yang sekarang.

koleksinya mencerminkan pengaruh berbagai unsur budaya di Kota Batavia yaitu dari Eropa khususnya dari Belanda, dari Tiongkok dan India serta dari Indonesia sendiri. Untuk menghidupkan lebih banyak kehidupan dan aktivitas di alun-alun Batavia Lama, saat ini Pemprov DKI Jakarta telah menyelenggarakan atraksi rutin yang melibatkan komunitas lokal dan budayanya. Pada hari Minggu ditampilkan pertunjukan yang menampilkan tari Zapin perpaduan pengaruh Betawi dan Timur Tengah, barongsai Cina Barongsai, musik keroncong pengaruh Portugis, musik Tanjidor khas Betawi, peragaan busana batik, parade mobil antik, makanan dan cinderamata serta kembang api.

Kesana

Alamat Museumnya adalah:
Museum Sejarah Jakarta
Jalan Taman Fatahillah No 1 Jakarta Barat
Telepon: (62 21) 692-9101/690-1483
Fax. (62 21) 690-2387

Untuk menuju ke sana, Anda bisa menggunakan bus TransJakarta tujuan Kota dari Blok-M (Koridor 1). Berhenti di terminal terakhir, Kota. Jaraknya beberapa blok ke museum.

Info Kosan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *