19 Juni 2024

Museum Nasional Di Jakarta Tahun 2024

Terletak di Medan Merdeka Barat, Museum Nasional menjadi kebanggaan Jakarta, memberikan pengunjung wawasan tentang sejarah panjang warisan budaya Indonesia dari masa prasejarah hingga saat ini. Baru-baru ini diperluas, museum ini menampung koleksi tak kurang dari 109.342 benda yang mencakup Prasejarah, Arkeologi, Etnografi, Numismatik-Heraldik, Geografi, dan Peninggalan Sejarah Indonesia.

Museum Nasional

Berikut adalah patung-patung dan prasasti batu yang ditemukan di situs-situs di seluruh nusantara mulai dari abad pertama Masehi, koleksi lengkap kain batik dan tekstil tenun yang diproduksi selama bertahun-tahun di berbagai pulau. Sedangkan di lantai paling atas dipamerkan koleksi ornamen dan perhiasan emas dan perak yang pernah dimiliki oleh para raja dan sultan nusantara.

Resmi dibuka pada tahun 1868 Museum ini kemudian dikenal sebagai Gedung Gajah (Rumah Gajah) atau Gedung Arca (Rumah Patung). Dinamakan Gedung Gajah setelah patung gajah perunggu di halaman depan, yang merupakan sumbangan dari Raja Chulalongkorn dari Thailand pada tahun 1871. Dikenal juga sebagai Gedung Arca karena banyaknya variasi patung dari periode berbeda yang dipajang di sini. Pada tahun 1979 Museum ini resmi bernama Museum Nasional atau Museum Nasional. Museum tidak hanya berfungsi sebagai pusat penelitian dan pengkajian warisan budaya dan nasional, tetapi juga berfungsi sebagai pusat informasi edukatif, budaya, dan rekreasi.

Kesana

Museum Nasional terletak di Jalan Medan Merdeka Barat 12 Jakarta Pusat, tepat di seberang Monas. Anda bisa naik bus TransJakarta dan berhenti di terminal Monas. Jaraknya hanya sekitar 200 meter dari Museum.

Kontak informasi:

Telepon: (62 21) 381-1551/386-8172

Faks (62 21) 381-1076

email: museumnasional@indo.com

situs web: www.museumnasional.org

Info Kosan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *