19 Juni 2024



SmokersWorld

DuPont de Nemours, perusahaan kimia multinasional Amerika yang sejarahnya dimulai pada tahun 1802, mengumumkan rencana untuk dipecah menjadi tiga perusahaan publik pada hari Rabu.

Perusahaan berencana untuk memisahkan bisnis elektronik dan airnya menjadi perusahaan mereka sendiri yang belum disebutkan namanya dalam transaksi yang bebas pajak bagi pemegang saham. DuPont mengatakan pihaknya memperkirakan akan menyelesaikan transaksi pemisahan ini dalam waktu 18 hingga 24 bulan ke depan, dan hal ini masih bergantung pada persetujuan akhir dari dewan direksi DuPont.

Pengumuman tersebut juga mencakup perombakan dalam kepemimpinan: Efektif tanggal 1 Juni, chief financial officer DuPont, Lori Koch, akan mengambil peran sebagai CEO. CEO DuPont saat ini, Ed Breen, akan tetap menjabat sebagai ketua eksekutif. Koch akan tetap menjadi CEO DuPont baru yang lebih ramping setelah spin-off selesai, menurut perusahaan.

Perpisahan DuPont terjadi di tengah-tengah hal lain perusahaan multinasional besar mengumumkan perpecahan dalam beberapa tahun terakhir, dan banyak CEO dan dewan direksi perusahaan menggembar-gemborkan ketangkasan perusahaan tersebut dari perusahaan-perusahaan kecil.

Dalam sebuah pernyataan, Breen juga menyatakan hal yang sama, dengan mengatakan bahwa tiga perusahaan kecil akan memiliki fleksibilitas yang lebih besar setelah spin-off.

“Pemisahan tiga arah ini akan membuka nilai tambahan bagi pemegang saham dan pelanggan serta menciptakan peluang baru bagi karyawan,” ujarnya. “Yang terpenting, setiap perusahaan akan memiliki fleksibilitas yang lebih besar untuk mengejar strategi pertumbuhan terfokus mereka sendiri, termasuk peningkatan portofolio M&A (merger dan akuisisi).”

Dalam beberapa tahun terakhir, perusahaan-perusahaan besar Amerika seperti J&J, Kellogg dan General Electric mengumumkan pembubaran dan pemisahan perusahaan, yang menandakan preferensi terhadap perusahaan-perusahaan yang lebih kecil dan lebih gesit dibandingkan konglomerat yang menjadi terkenal pada dekade-dekade sebelumnya.

Ini adalah perpecahan DuPont yang kedua dalam setengah dekade. Pada tahun 2019, DowDuPont, yang dibentuk melalui merger DuPont dengan Dow Chemical, terpecah menjadi tiga entitas terpisah: DuPont, Dow Chemical, dan Corteva, yang merupakan bisnis pertanian perusahaan tersebut.

Pada hari Rabu, DuPont mengatakan perusahaan elektronik yang baru dibentuk akan fokus pada “solusi semikonduktor dan produk elektronik canggih,” sementara perusahaan air baru akan menjadi “penyedia solusi air yang komprehensif.” Divisi yang tersisa akan tetap menjadi bagian dari DuPont.

Info Kosan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *