19 Juni 2024
Istana Merdeka

Merdeka & Istana Negara: Momen Bersejarah Indonesia

Istana Merdeka Pada tanggal 17 Agustus 1945, pukul 10 pagi, teks Proklamasi dibacakan oleh presiden pertama Indonesia, Soekarno di hadapan massa yang bersorak-sorai dan terpikat. Empat tahun kemudian, di gedung inilah akhirnya Indonesia diakui sebagai Negara Merdeka dari Belanda, setelah ditandatangani perjanjian antara Sultan Hamengku Buwono IX untuk Indonesia dan perwakilan Kerajaan Belanda.

Untuk memperingati masa monumental dalam sejarah Indonesia ini, Istana Merdeka merayakan Hari Kemerdekaan Indonesia setiap tahun pada tanggal 17 Agustus. Upacara pengibaran bendera bergengsi diadakan di tangga depan gedung dan dihadiri secara ketat oleh pejabat negara dan asing. Saat ini, Istana Merdeka digunakan untuk acara resmi kenegaraan serta tempat kediaman Presiden Indonesia.

Istana Merdeka

Terletak di kompleks yang sama dengan Istana Merdeka dan dikelilingi oleh taman-taman menawan yang mengingatkan kita pada taman-taman di Eropa, terdapat Istana Negara (Istana Negara). Bangunan ini merupakan istana aslinya, didirikan pada tahun 1796 pada masa pemerintahan Gubernur Jenderal Pieter Gerardus von Overstraten. Pada saat itu, istana ini berfungsi sebagai kompleks administrasi dan tempat tinggal para Gubernur Jenderal Belanda. Saat ini, istana ini terutama digunakan untuk jamuan kenegaraan.

Khas arsitektur kolonial Belanda, kedua istana memiliki serambi depan yang ditopang oleh pilar Korintus dan Doric yang dibuat dengan indah. Di dalam gedung, terdapat ruang duduk yang elegan, ruang resepsi, dan karya seni Indonesia yang dikurasi secara mengesankan yang mewakili perjuangan kemerdekaan yang diperjuangkan oleh rakyat Indonesia.

Merupakan situs terkemuka dalam sejarah Indonesia dan merupakan penghormatan terhadap arsitektur neo-klasik Belanda yang sempurna, tempat-tempat ini pastinya tidak boleh dilewatkan.

Berkeliling

Tur di dalam Istana Merdeka tersedia untuk umum pada akhir pekan tertentu tetapi harus dipesan jauh hari sebelumnya.

Kedua istana berada dalam jarak berjalan kaki satu sama lain.

Kesana

Istana Merdeka

Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta

Istana Negara

Jalan Veteran, no. 17, Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta

Beroperasi mulai pukul 09.00 hingga 19.00 pada hari Senin hingga Sabtu dan pukul 12.00 hingga 19.00 pada hari Minggu, tersedia bus wisata kota gratis yang berangkat dari Bundaran Hotel Indonesia dan mengelilingi Lapangan Merdeka dan Istana Negara.

Info Kosan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *