18 Juni 2024


Jakarta, SmokersWorld Indonesia

Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan minta pertamina tindak tegas Stasiun Pengisian Bulk Elpiji (SPBE) yang melakukan keadaan. Hal ini disampaikan Zulhas pada sela kunjungan kerja di SPBE Tanjung Priok.

Zulhas mengatakan sedang melakukan pengecekan ke SPBE di wilayah Jakarta Timur, Tangerang, Purwakarta dan Cimahi. Dari pengecekan ditemukan di 11 SPBE terdapat tabung-tabung gas yang isinya tidak sesuai ketentuan.

Zulhas pun meminta Kementerian ESDM untuk meningkatkan pengawasan rutin di lapangan. Sementara itu, ia meminta Pertamina menindak tegas pengusaha SPBE yang melakukan kondisi tersebut.

IKLAN

GULIR UNTUK MELANJUTKAN ISI

Pengawasan dilakukan dalam rangka menjamin keselarasan pelabelan dan kebenaran kuantitas dalam transaksi perdagangan yang memberikan kepastian hukum bagi masyarakat dan perlindungan kepada konsumen, kata Zulhas dalam pernyataan resmi.

Dalam kesempatan serupa, Direktur Pemasaran Regional Pertamina Patra Niaga Mars Ega Legowo menjelaskan tabung-tabung gas yang isinya di bawah ketentuan itu terjadi diduga karena faktor mekanis. Menurutnya hal ini perlu dicek lebih lanjut karena ada tabung yang isinya di atas 3 kg.

“Yang menjadi kekhawatiran yang minus karena ada potensi yang merugikan. Kita harus lihat, namanya produksi itu ada cacat-nya, berapa persen cacat yang diizinkan, ini harus kita perbaiki. Termasuk standar mana yang akan kita pakai,” jelas Mars Ega.

Sepakat dengan Zulhas, Mars Ega memastikan akan memberikan sanksi terhadap SPBE yang menyalahi aturan dan merugikan masyarakat.

Dia kemudian memberkan agar kualitas dan kuantitas produk LPG sebelum dikonsumsi, Pertamina Patra Niaga mewajibkan seluruh SPBE melakukan langkah Standar Operation Procedure (SOP) sebelum pengisian gas ke tabung.

Prosedurnya antara lain: pengecekan akurasi mesin pengisian sebelum dioperasikan, pengecekan kualitas produk dengan uji lab di Terminal LPG, melakukan pengecekan visual kondisi tabung sebelum pengisian, proses uji sampling mesin pengisian setiap awal dan pergantian sif–termasuk pemasangan seal karet bila tidak ada di tabung , dan pemasangan tutup pengaman dan segel.

(del/anak)


[Gambas:Video SmokersWorld]



Info Kosan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *