19 Juni 2024
Museum Nasional

Monumen Nasional (Monas) Indonesia 2024

Monumen Nasional (Monas) Indonesia 2024
Monumen Nasional (Monas) Indonesia 2024

Monumen Nasional (Monas) Indonesia 2024 Jalan utama Sudirman-Thamrin di Jakarta mengarah ke Lapangan Merdeka, di mana di tengahnya berdiri Monumen Nasional (juga dikenal sebagai Monas atau Monumen Nasional) yang merupakan tempat pengibaran bendera merah-putih pertama pada Proklamasi Kemerdekaan pada 17 Agustus 1945. Bendera ini kini sudah usang , sehingga saat ini pada upacara Hari Kemerdekaan, bendera aslinya dikibarkan namun hanya menemani replika bendera yang akan dikibarkan di depan Istana Merdeka. Monumen Nasional setinggi 137 meter ini berbentuk obelisk, dan di atasnya terdapat api perunggu setinggi 14,5 meter yang dilapisi daun emas seberat 32 kilogram.

Di dalam alasnya terdapat museum yang menggambarkan diorama perjuangan kemerdekaan Indonesia serta teks asli Proklamasi Kemerdekaan. Sebuah lift membawa pengunjung ke anjungan pengamatan di dasar api untuk menikmati pemandangan Jakarta yang megah. Di sekeliling Tugu kini terdapat taman dengan air mancur musikal, yang dinikmati masyarakat Jakarta pada hari Minggu untuk olah raga dan rekreasi. Rusa berkeliaran di antara pepohonan rindang di taman.

Lapangan Merdeka merupakan pusat gedung-gedung pemerintahan terpenting. Pada masa kolonial Belanda di sini merupakan pusat pemerintahan yang dikenal dengan nama Koningsplein atau Lapangan Raja. Sisi utara didominasi oleh Istana Merdeka yang pernah menjadi rumah Gubernur Jenderal Belanda, yang kini juga menjadi kantor Presiden dan Kabinet. Di sebelah Selatan terdapat kantor Wakil Presiden Indonesia, Gubernur Jakarta dan gedung DPRD Provinsi, serta Kedutaan Besar Amerika, sedangkan di sebelah Barat terdapat Museum Nasional, Mahkamah Konstitusi, Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata, serta gedung Indosat, gedung pertama di Indonesia. perusahaan telekomunikasi internasional.

Info Kosan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *