18 Juni 2024



SmokersWorld

Tiga perusahaan menghadapi tuntutan hukum kematian yang tidak wajar dalam penembakan sekolah Uvalde pada tahun 2022, menurut pengaduan yang diajukan di California dan Texas.

Gugatan tersebut, yang menuduh perusahaan tersebut “merawat” pelaku penembakan di Sekolah Dasar Robb, terjadi setelah 19 keluarga siswa dan guru yang terbunuh di sekolah tersebut mengumumkan pada hari Rabu bahwa mereka telah menyelesaikan tuntutan hukum dengan pemerintah kota sebesar $2 juta.

Perusahaan-perusahaan tersebut – Meta, Activision dan Daniel Defense – semuanya berkontribusi terhadap perilaku penembak Salvador Ramos dalam satu atau lain cara, menurut tuntutan tersebut.

Ramos mengunduh video game “Call of Duty: Modern Warfare” pada November 2021, menurut pengaduan yang diajukan di California terhadap penerbit game tersebut, Activision, Meta, dan lainnya.

Game tersebut menampilkan senjata dari Daniel Defense yang disebut DDM4 V7, yang berfungsi sebagai “penggoda bagi pemain yang ingin mencoba senjata tersebut,” menurut gugatan tersebut.

Pada saat yang sama, Ramos “dirayu melalui pemasaran yang eksplisit dan agresif,” di Instagram, kata gugatan tersebut. Meta adalah perusahaan induk Instagram.

“Selain ratusan gambar yang menggambarkan dan mengagungkan serunya pertempuran, Daniel Defense menggunakan Instagram untuk memuji penggunaan senjata ilegal dan mematikan,” kata gugatan tersebut. “Dalam beberapa minggu setelah mengunduh Modern Warfare, Penembak menelusuri senjata serbu, memperoleh lampiran senjata api yang dipopulerkan oleh game tersebut, dan berulang kali kembali ke situs web Daniel Defense.”

“Hanya beberapa menit setelah tengah malam pada tanggal 16 Mei—ulang tahun Penembak yang ke-18—dia membeli DDM4V7,” kata gugatan itu. “Delapan hari kemudian, Penembak melakukan kekerasan yang tak terkatakan di Sekolah Dasar Robb, menewaskan 21 orang dan melukai serta membuat trauma lebih banyak lagi.”

Penyelidik dalam penembakan Uvalde menemukan salah satu senapan model AR15 milik Ramos, yang diproduksi oleh Daniel Defense, di sekolah tersebut, menurut Senator negara bagian Texas saat itu John Whitmire, yang sekarang menjadi walikota Houston.

“Para Terdakwa memikul tanggung jawab atas korupsi besar yang menimpa anak-anak kami,” demikian isi gugatan yang diajukan di Pengadilan Tinggi Kalifornia di Los Angeles. “Bersama dengan produsen senjata api tertentu, mereka telah mendidik generasi pria muda yang rentan secara sosial, tidak percaya diri dengan kejantanan mereka, dan ingin menunjukkan kekuatan dan menegaskan dominasi.”

Menurut gugatan yang diajukan di Uvalde, Pengadilan Distrik Texas, Daniel Defense mengadili remaja dengan memanfaatkan dan mengeksploitasi “kekuatan media sosial dan simulasi penembak orang pertama untuk memikat remaja ke situs webnya di mana ia dapat memantau aktivitas online mereka, membuat profil. minat mereka, dan meminta informasi kontak mereka.”

Dalam sebuah pernyataan, Josh Koskoff, mitra di Koskoff, Koskoff & Bieder dan pengacara keluarga tersebut mengatakan: “Ada hubungan langsung antara perilaku perusahaan-perusahaan ini dan penembakan Uvalde. Hanya 23 menit setelah tengah malam di hari ulang tahunnya yang ke-18, penembak Uvalde membeli AR-15 yang dibuat oleh sebuah perusahaan dengan pangsa pasar kurang dari satu persen. Mengapa? Sebab, jauh sebelum ia cukup umur untuk membelinya, ia diincar dan digarap secara online oleh Instagram, Activision, dan Daniel Defense. Monster berkepala tiga ini dengan sengaja memaparkannya pada senjata tersebut, mengkondisikannya untuk melihatnya sebagai alat untuk menyelesaikan masalahnya dan melatihnya untuk menggunakannya.”

Juru bicara perusahaan untuk Activision mengatakan dalam sebuah pernyataan kepada SmokersWorld pada hari Jumat: “Penembakan di Uvalde sangat menghebohkan dan memilukan dalam segala hal, dan kami menyampaikan simpati terdalam kami kepada keluarga dan komunitas yang masih terkena dampak tindakan kekerasan yang tidak masuk akal ini. Jutaan orang di seluruh dunia menikmati video game tanpa melakukan tindakan yang mengerikan.”

SmokersWorld telah menghubungi Meta dan Daniel Defense untuk memberikan komentar.

Shimon Prokupecz dan Samantha Delouya dari SmokersWorld berkontribusi terhadap peringatan ini

Info Kosan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *