19 Juni 2024


Jakarta, SmokersWorld Indonesia

Bank Rakyat Indonesia (BRI), sebagai bank terbesar dalam penyaluran pembiayaan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM), terus berkomitmen untuk memberdayakan dan meningkatkan kelas UMKM Indonesia.

Kali ini, BRI membuktikan komitmennya dengan memberangkatkan delapan pelaku UMKM terpilih ke Food & Hotel Asia (FHA) Food & Beverage 2024, pameran perdagangan makanan dan minuman berskala internasional terbesar dan terkemuka di Asia.

Acara tersebut terselenggara selama empat hari pada tanggal 23-26 April 2024 di Singapore Expo yang diikuti oleh lebih dari 50 negara.

IKLAN

GULIR UNTUK MELANJUTKAN ISI

Delapan UMKM BRI yang mengikuti ajang pameran FHA Food & Beverage 2024 antara lain Cokelat Ndalem, Matoh Food, Maccheese, Granoku, AwiS Food, Keripik Tempe Cinta, Ppuff!, dan Havilla Tea.

Para pelaku UMKM tersebut adalah UMKM pilihan dan tentunya mempunyai produk unggulan berkualitas, berstandar Internasional, dan siap bersaing di pasar global.

Produk-produk yang dihasilkan dari UMKM tersebut contohnya coklat, keripik singkong, keripik tempe, teh, snack sehat, dll.

Selain itu UMKM tersebut juga telah mengikuti beberapa program pemberdayaan dari BRI seperti Rumah BUMN, Pengusaha Muda Brilian, dan Brilian Preneur.

Direktur Commercial, Small & Medium Business BRI Amam Sukriyanto mengatakan keikutsertaan UMKM tersebut merupakan peralihan BRI untuk selalu konsisten mendukung UMKM Go Global hingga ke mancanegara agar dapat memberikan nilai tambah dan mampu bersaing di kancah Internasional.

“UMKM harus banyak mendapatkan kesempatan agar dapat melakukan ekspor dan masuk pasar internasional karena saat ini merupakan tulang punggung perekonomian Indonesia,” ujar Amam dikutip Minggu (26/5).

“Pameran ini tentunya menjadi acara yang sangat bermanfaat bagi UMKM binaan BRI untuk dapat memperkenalkan potensi industri Food & Beverages Indonesia ke mancanegara,” ujarnya.

Di pihak lain, Erwin selaku pendiri dan CEO dari Ppuff!, salah satu peserta Pameran FHA Food & Beverage 2024 mengungkapkan apresiasi kepada BRI yang selalu mendukung pelaku UMKM di pameran internasional yang pada akhirnya dapat mendorong pemasaran produk UMKM ke luar negeri.

Erwin berkata, Ppuff! sendiri merupakan produsen cemilan sehat yang berasal dari Bandung, Jawa Barat. Bahkan produknya merupakan pemenang ke-3 Program Pengusaha Muda Brilian 2022.

“BRI selalu mendukung Ppuff!snacks dalam meningkatkan eksposur baik di dalam maupun luar negeri,” ujarnya.

“Sehingga kali ini kami berkesempatan untuk ikut sebagai utusan Indonesia di Food & Hotel Asia di Singapura dan berkat bantuan ini kami melihat banyak sekali peluang yang bisa di kembangkan untuk ekspor ke negara tetangga,” kata Amam.

Sebagai informasi tambahan, di Pameran FHA Food & Beverage 2024, UMKM-UMKM BRI menempati Paviliun Indonesia dan merupakan kerja sama BRI dengan Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Singapura.

Atas keikutsertaan 8 UMKM tersebut pada FHA Food 2024 selama empat hari penyelenggaraan terdapat 87 calon pembeli yang berasal dari China, Thailand, Malaysia, Brunei Darussalam, dll.

Kegiatan ini memiliki potensi kesepakatan sebesar US$ 175.000. Untuk itu, FHA-Food & Beverage 2024 diharapkan dapat menjadi platform global bagi pelaku usaha di Indonesia.

(dalam)




Info Kosan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *