19 Juni 2024



SmokersWorld

Meskipun masyarakat sudah mencair dalam persaingan mereka minggu ini, Donald Trump dan Nikki Haley masih belum berbicara, kata dua sumber yang dekat dengan mantan presiden tersebut kepada SmokersWorld, melanjutkan kebuntuan yang telah berlangsung sejak pemilu mereka berakhir.

Kurangnya komunikasi formal menggambarkan keretakan mendalam yang muncul dalam pemilihan pendahuluan calon presiden dari Partai Republik dan perpecahan yang terus berlanjut mengenai siapa yang harus menjadi pihak pertama yang memperbaiki hubungan. Salah satu sumber yang mengetahui pemikiran mantan presiden tersebut mengatakan kepada SmokersWorld bahwa “hubungan mereka tetap dingin” setelah perjuangan keras mereka dalam pemilihan presiden.

Haley pada hari Rabu tampaknya mengambil langkah pertama menuju rekonsiliasi. Dalam pidatonya yang sangat dinanti-nantikan di Washington, DC, mantan gubernur Carolina Selatan mengatakan dia akan memilih Trump – pernyataan publik pertamanya mengenai mantan presiden tersebut sejak mengundurkan diri dari pencalonan pada bulan Maret.

Haley mengatakan Trump “belum sempurna” dalam kebijakan-kebijakan yang penting baginya, termasuk kebijakan luar negeri, imigrasi dan ekonomi, namun Presiden Joe Biden “telah menjadi sebuah bencana.”

“Jadi saya akan memilih Trump,” kata Haley, yang menjabat sebagai duta besar AS untuk PBB di bawah kepemimpinan mantan presiden tersebut.

Namun, dia tidak memberikan dukungan, seperti yang dia lakukan ketika mengakhiri kampanyenya.

Trump pada hari Kamis menyambut baik dukungan Haley, tetapi menolak untuk menjelaskan peran apa yang bisa dia mainkan dalam membantu calon Partai Republik pada bulan November ini.

“Saya pikir dia akan berada di tim kami, karena kami memiliki banyak ide yang sama, pemikiran yang sama,” kata Trump dalam wawancara dengan News12 pada rapat umum di Bronx. “Saya menghargai apa yang dia katakan, Anda tahu, kami menjalani kampanye yang buruk. Itu cukup buruk, tapi dia adalah orang yang sangat cakap, dan saya yakin dia akan berada di tim kami dalam beberapa bentuk. Sangat.”

Banyak anggota Partai Republik ingin melihat Haley berperan aktif dalam kampanye Trump, termasuk sebagai calon wakil presiden.

Perwakilan Carolina Selatan Ralph Norman mengatakan kepada SmokersWorld bahwa dia telah menyampaikan gagasan tersebut kepada Trump dan Haley dan berargumen kepada mantan presiden tersebut bahwa Haley dapat memilih tokoh moderat dan independen, mengingat bagaimana dia terus menarik pemilih dalam pemilihan pendahuluan setelah keluar dari pencalonan pada bulan Maret.

Trump menolak gagasan itu di Truth Social, dengan memposting, “Nikki Haley tidak sedang dipertimbangkan untuk slot VP, tapi saya berharap dia baik-baik saja!”

Haley muncul dari pemilihan pendahuluan Partai Republik pada tahun 2024 sebagai lawan terakhir mantan presiden tersebut. Dalam pidato perpisahannya di Charleston, Haley mengucapkan selamat kepada Trump dan mendoakan yang terbaik untuknya, namun ia menambahkan bahwa terserah pada Trump untuk “mendapatkan suara dari orang-orang di partai kita dan di luar partai yang tidak mendukungnya.”

“Dan saya berharap dia melakukan itu,” katanya.

Dalam lingkup Haley, hanya sedikit orang yang melihat bukti bahwa Trump telah melakukan upaya serupa.

Sementara itu, Haley terus memperoleh suara yang signifikan dalam pemilihan pendahuluan lama setelah ia keluar dari pencalonan, termasuk 17% suara bulan lalu di Pennsylvania, sebuah medan pertempuran pemilihan umum yang penting. Dia juga memenangkan sekitar 22% suara dalam pemilihan pendahuluan di Indiana awal bulan ini, sebuah hasil yang mengejutkan di negara bagian yang biasanya didominasi warna merah.

Sementara itu, tim Trump tetap bersikukuh bahwa Haleylah yang harus memulai perdamaian, seperti yang dilakukan para penantang Partai Republik lainnya.

“Ketika Anda kalah dalam pertempuran atau perang, biasanya Anda harus melakukan sosialisasi, dan itulah sifat dari bisnis kampanye,” kata seorang penasihat Trump sebelumnya kepada SmokersWorld.

Cerita ini telah diperbarui dengan pelaporan tambahan.

Info Kosan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *