19 Juni 2024

Bamiyan, Afghanistan: Turis Spanyol termasuk di antara empat orang yang tewas dalam penembakan

SmokersWorld — Empat orang tewas, termasuk tiga warga negara Spanyol, dalam penembakan di Afghanistan tengah pada hari Jumat, menurut pihak berwenang Spanyol dan Afghanistan. Sebelumnya, juru bicara Kementerian Dalam Negeri Afghanistan Mufti Abdul Mateen Qani mengatakan tiga warga Eropa dan satu warga Afghanistan tewas di kota Bamiyan. Penembakan itu terjadi ketika para wisatawan sedang berbelanja di pasar terbuka di Bamiyan, kata sumber diplomatik Spanyol pada Sabtu.

“Informasi yang diterima pemerintah Spanyol sejauh ini adalah bahwa sekelompok enam orang Spanyol sedang melakukan perjalanan di wilayah Bamiyan dan mereka diserang pada hari Jumat oleh setidaknya satu orang bersenjata yang melepaskan tembakan,” kata sumber tersebut. Empat warga negara asing dan tiga warga Afghanistan juga terluka dalam serangan itu ketika orang-orang bersenjata melepaskan tembakan, lapor Reuters, mengutip Qani, dan menambahkan bahwa empat orang telah ditangkap.

Warga negara Spanyol keempat termasuk di antara korban luka dan telah dipindahkan ke rumah sakit di Kabul, di mana mereka terdaftar dalam kondisi serius setelah operasi. Menteri Luar Negeri Spanyol Jose Manuel Albares berbicara dengan dua warga negara Spanyol dalam kelompok tersebut yang tidak terluka melalui telepon pada hari Sabtu, menurut sumber diplomatik. Perdana Menteri Spanyol Pedro Sanchez menggambarkan korban penembakan di Spanyol sebagai turis, dalam sebuah postingan di X.

“Kewalahan dengan berita pembunuhan turis Spanyol di Afghanistan. Saya memantau situasinya dengan cermat. Unit Konsuler Darurat Kementerian Luar Negeri Spanyol berupaya menawarkan semua bantuan yang diperlukan. Saya ingin menyampaikan seluruh simpati saya kepada keluarga dan teman-teman mereka,” tulis perdana menteri. Jaksa dari Pengadilan Nasional Spanyol di Madrid, yang menangani kasus terorisme, telah membuka penyelidikan atas penembakan di Afghanistan untuk mengetahui kemungkinan kaitannya dengan terorisme, kata layanan kejaksaan dalam sebuah pernyataan pada hari Sabtu.

Pernyataan itu menambahkan bahwa korban jiwa asal Spanyol adalah seorang pria dan dua wanita dari timur laut Spanyol – satu dari Barcelona, ​​​​satu lagi dari Girona dan yang ketiga dari Figueres. Qani juga menyatakan belasungkawa atas kematian tersebut, dengan mengatakan, “Imarah Islam Afghanistan mengutuk keras kejahatan ini, mengungkapkan perasaan mendalamnya kepada keluarga para korban dan menjamin bahwa semua penjahat akan ditemukan dan dihukum.” Ketika diminta untuk mengomentari laporan bahwa seorang warga negara Australia termasuk di antara mereka yang terluka, Departemen Luar Negeri dan Perdagangan Australia mengatakan pada hari Sabtu bahwa pihaknya “memberikan bantuan konsuler” kepada salah satu warga negaranya di Afghanistan setelah serangan mematikan tersebut.

Info Kosan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *