19 Juni 2024


Jakarta, SmokersWorld Indonesia

PT pertamina (Persero) menjamin pasokan bahan bakar minyak (BBM) tetap normal meskipun terjadi kebakaran Crude Distillation Unit (CDU) VI di Kilang Kota BalikpapanKalimantan Timur, Sabtu (25/5) dini hari.

General Manager Kilang Pertamina Internasional (KPI) Unit Balikpapan Bayu Arafat menyatakan kebakaran tak sampai mengganggu distribusi BBM.

“Kebakaran tidak menyebabkan gangguan pada penyediaan BBM ke masyarakat,” kata Bayu dikutip dari Antara.

IKLAN

GULIR UNTUK MELANJUTKAN ISI

Ia menjelaskan Unit KPI Balikpapan berhenti secara darurat operasi di Kilang Balikpapan Dua. Namun Kilang Balikpapan Satu masih beroperasi normal.

Bayu menuturkan CDU merupakan proses awal dari fraksinasi minyak mentah. Proses tersebut kompleks karena banyak terjadi fluktuasi laju minyak mentah yang merupakan umpan dari unit itu.

Ia pun mengatakan saat kebakaran ini sudah berhasil diselesaikan dan dalam tahapan pendinginan. Bayu memastikan tidak ada sumber panas di lokasi kejadian dan aman.

“Saat ini tim pemadam kebakaran sudah berhasil menguasai kondisi dan dilakukan upaya pendinginan,” ujarnya.

Sebanyak delapan unit armada pemadam kebakaran dikerahkan tim pemadam kebakaran PT KPI unit Balikpapan untuk meredam api yang membakar di CDU VI itu. Kebakaran terjadi sekitar pukul 04.25 WITA, api berhasil dipadamkan sekitar pukul 07.30 WITA.

Lokasi kejadian berada di dalam kawasan kilang dan tim memastikan kilang dalam kondisi aman, sehingga tidak berdampak langsung kepada masyarakat sekitar.

Bayu menegaskan Tim PT KPI Unit Balikpapan berkomitmen melakukan penanganan terbaik dengan melakukan koordinasi dengan berbagai pihak.

(tim/tsa)


[Gambas:Video SmokersWorld]



Info Kosan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *